Study Tour ke Jogjakarta

Diposting oleh Moch Jibriel | 20.33 | | 0 komentar »

Masih teringat jelas waktu itu , kelas kami ( Biologi ) mengadakan study tour ke jogjakarta dengan obyek tujuan adalah Museum penyamakan kulit Jogja dan Museum Diponegoro lalu di lanjutkan ke pantai Baron Jogja selatan . Dengan di bimbing oleh Guru Biologi waktu itu yaitu Bapak Arwani , kami satu rombongan waktu itu dengan naik bus carteran ke tempat tujuan .

Di awali dengan pengarahan singkat oleh Bp. Arwani selaku guru biologi dan ketua rombongan , akhirnya kami serombogan berangkat ( meski teman teman agak sedikit kena marah karena semua tidak memakai seragam sekolah , padahal waktu itu dalam rangka study tour .. he he ... ) .

Dalam perjalanan tersebut peristiwa demi peristiwa sungguh sangat memberikan kebahagiaan yang tidak terkira . Suasana penuh keakraban tersebut membuat kami semakin merasa dekat satu sama lain . Dengan bersemangat kami men-catat semua informasi yang kami dapat dari setiap lokasi tujuan study tour tersebut , karena setelah kembali ke sekolah nanti akan di minta membuat laporan liputan selama perjalanan study tour tersebut .

Di Musium Penyamakan Kulit , kami di ajak untuk melihat proses penyamakan kulit tersebut secara singkat juga mendapat penjelasan dari penerima tamu kami , selanjutnya kami juga di ajak untuk melihat berbagai produk yang bisa di hasilkan oleh produk mereka tersebut . Waktu itu kami di ajak untuk melihat proses pembuatan sepatu , di sana kami di tunjukkan alat untuk menguji kekuatan dari sepatu produksi-nya tersebut .

Selanjutnya rombongan berangkat ke musium Diponegoro , di sana kami mendapat penjelasan tentang perjalanan proses perjuangan para pahlawan kita , termasuk kami melihat tandu yang pernah di pakai oleh Jenderal Sudirman saat perjuangan dulu .

Obyek terakhir tujuan study tour kami adalah panta Baron , di sini kita di bimbing oleh bapak arwani selaku kepala rombongan sekaligus Guru Biologi kami untuk melihat dan mencari beberapa binatang yang tumbuh di pantai Baron tersebut , dengan membawa ember kami berburu beberapa jenis binatang laut yang dapat kami jumpai di bibir pantai tersebut .

Tujuan demi tujuan obyek kunjungan kami terlewati , setelah dari pantai Baron akhirnya dengan sangat terpaksa rombongan berangkat pulang kembali ke Solo . Di dalam perjalanan pulang tersebut ada sedikit kenangan di mana salah seorang teman putri kami , wiwik - bekonang yang karena kedinginan dan capek , apalagi suhu saat itu sangat dingin di karenakan derasnya hujan , tiba tiba wiwik - bekonang ini kejang selama beberapa saat , akhirnya setelah beberapa saat di berikan penanganan sementara dengan balsem dan minyak kayu putih akhirnya siuman juga meskipun masih terlihat agak sedikit lemas .

Kenangan study tour tersebut hingga saat ini masih membekas dalam benak saya dan dengan penuh pengharapan saya berharapa untuk dapat bernostalgia kembali dengan teman teman seperjuangan pada waktu itu .

( Duh .. teman teman Biologi khususnya , saya kangen banget dengan kalian dan berharap suatu saat dapat bertemu kembali )

Share on Facebook

0 komentar